Pusat Gadget merupakan situs referensi seputar gadget terpercaya di Indonesia. Dapatkan informasi harga Gadget dan spesifikasinya.

Kamis, 03 Desember 2015

PANDI Segera Implementasikan Domain .id

PANDI Segera Implementasikan Domain .id - Kali ini Pusat Gadget akan mengulas artikel Gadget terbaru berjudul PANDI Segera Implementasikan Domain .id yang dikutip dari Tabloid Pulsa. Jika anda ingin mengetahui lebih detail mengenai artikel PANDI Segera Implementasikan Domain .id, anda bisa menyimak artikel kami tentang PANDI Segera Implementasikan Domain .id dibawah ini.

PANDI Segera Implementasikan Domain .id

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mengumumkan bahwa nama domain .id akan diimplementasikan beberapa bulan ke depan.

Pengumuman nama domain yang lebih singkat itu akan berimplikasi serius terhadap perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

Para pemilik merek dagang dan perusahaan yang memiliki nama domain di Indonesia, seperti misalnya co.id, akan diprioritaskan dalam proses registrasi karena nama domain ini akan segera dilebur menjadi nama domain tunggal .id.

Perusahaan yang tidak melakukan pendaftaran untuk nama domain .id yang baru ini selama periode prioritas yang ditentukan PANDI— yang berakhir 17 April 2014 untuk pemegang merek dagang dan 13 Juni 2014 untuk pemilik nama domain situs internet di Indonesia—akan memberi peluang kepada siapa pun yang berminat dan mampu untuk membeli dan mendaftarkan nama domain tersebut. Kemudian, nama domain ini akan menjadi hak milik mereka yang sah, dan perusahaan atau pemegang merek dagang yang di kemudian hari ingin memperoleh kembali nama domain tersebut dari pemiliknya yang terdaftar mungkin akan menghadapi proses yang sulit dan tidak pasti.

Director and Head of Creative and Content Edelman Indonesia, Matthew Ooley, mengatakan bahwa perkembangan baru di ranah internet Indonesia tersebut memiliki implikasi komersial dan reputasi yang serius bagi perusahaan yang beroperasi di negeri ini.

“Peluncuran nama domain .id memberi peluang kepada perusahaan-perusahaan untuk memperkuat kehadiran online dan strategi perlindungan brand mereka di Indonesia dengan melakukan registrasi awal untuk memperoleh nama domain .id yang relevan. Namun sayangnya, Indonesia masih menghadapi masalah cyber squatting, dan peluncuran nama domain .id ini membuka peluang bagi diperolehnya nama-nama domain secara tidak etis,” kata Matthew Ooley.

Peluncuran nama domain baru oleh PANDI ini mencerminkan semangat untuk menyederhanakan sistem yang kini berlaku dengan nama domain yang lebih sederhana dan lebih singkat. Saat ini tersedia 11 country code second-level domains (ccSLDs) di Indonesia (sepertimisalnya co.id, biz.id, or.id, go.id), yang dianggap membingungkan perusahaan maupun pengguna internet. PANDI meyakini bahwa sistem nama domain baru ini akan dapat membantu mengatasi kebingungan ini dan menyederhanakan prosesnya.

Sehubungan dengan implikasi hukum yang terkait serta cara terbaik yang dapat ditempuh perusahaan dan pemegang merek dagang untuk melindungi brand mereka, Andrew Diamond, konsultan hukum di Januar Jahja& Partners, mencermati mengenai implikasi dan proses hukum tersebut.

“Menyelesaikan persengketaan nama domain di Indonesia bisa memakan banyak biaya dan waktu sedangkan hasilnya tidak pasti. Dengan demikian, pihak-pihak yang berkepentingan dianjurkan menghindari situasi seperti ini dengan mendaftarkan secara proaktif nama domain .id yang dikehendaki berdasarkan pada registrasi merek dagang Indonesia yang mereka miliki selama Sunrise Period, atau menurut nama domain level kedua yang telah mereka miliki sebelumnya selama Grand father Period,” kata Andrew Diamond.

“Terlepas dari periode prioritas, pihak-pihak non-Indonesia yang berminat memperoleh nama domain .id perlu menunjuk agen lokal di Indonesia dan mengikuti proses administrative sebagaimana ditentukan oleh PANDI, yang di antaranya mewajibkan diserahkannya pelbagai formulir dan dokumen hukum,” lanjutnya.

Dalam beberapa bulan ke depan, sistem nama domain baru ini akan diimplementasikan. Terdapat tiga periode registrasi nama domain: Sunrise, Grandfather dan Landrush. Setelah ketiga periode registrasi ini, ketersediaan nama domain akan didasarkan pada prinsip ‘siapa cepat, dia dapat’ mulai 17 Agustus 2014

Sekian berita Gadget terbaru dari kami mengenai PANDI Segera Implementasikan Domain .id. Harapan kami artikel seputar Gadget yang berjudul PANDI Segera Implementasikan Domain .id ini bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa terus kunjungi Pusat Gadget untuk mendapatkan berita seputar Gadget setiap harinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PANDI Segera Implementasikan Domain .id